fbpx

UPDATE INFORMASI REKRUTMEN ASN 2021

TAHUN 2021, TERAKHIR SELEKSI CPNS BESAR-BESARAN!

Menurut PerPres no 38 tahun 2020, ada 147 jabatan fungsional yang semula berstatus CPNS akan segera diganti ke PPPK.

Yakin udah siap bersaing dengan 6 juta pelamar lainnya?
Manfaatkan kesempatan besar CPNS tahun 2021 semaksimal mungkin!

Bergabunglah dalam Super Intensif SKD CPNS !
Kami menyediakan pilihan program bimbingan secara offline maupun online.

Jadikan tahun ini tahun terakhir perjuanganmu dan jangan sampai menyesal!

ASN NEWS

56 Pemerintah Pusat dan 538 Pemda akan Adakan Seleksi CASN 2021

Sebanyak 56 kementerian dan lembaga, 34 pemerintah provinsi, serta 504 pemerintah kabupaten dan kota akan mengadakan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021. Selain itu, delapan sekolah kedinasan juga akan dilakukan penetapan formasi.

Seleksi CASN ini sesuai dengan visi misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin, yang fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM), simplifikasi regulasi, dan penyederhanaan birokrasi untuk mewujudkan Indonesia Maju. Pemerintah melaksanakan implementasi kebijakan sistem merit melalui strategi manajemen human capital ASN dalam Grand Design pembangunan ASN 2020-2024.

Perencanaan ASN sesuai arah pembangunan nasional dan potensi daerah serta core business instansi. “Secara prinsip, arahan Bapak Presiden, perbanyak pegawai yang turun langsung ke masyarakat,” jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, dalam program KemenPANRB News Update yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Kementerian PANRB, Jumat (09/04).

Pemerintah menyediakan 1.275.387 kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) tahun 2021 untuk pemerintah pusat dan daerah. Penyampaian kebutuhan ASN ini dilakukan dengan mempertimbangkan analisis jabatan dan analisis beban kerja.

Berdasarkan data per 7 April 2021, jumlah penetapan formasi dari 56 kementerian dan lembaga, sebanyak 69.684. Jumlah tersebut terdiri dari 61.129 formasi kementerian dan lembaga, serta 8.555 penetapan formasi melalui sekolah kedinasan.

Sementara penetapan formasi daerah yang sudah ditetapkan per 7 April, ada 652.803 formasi. Sebanyak 34 pemerintah provinsi menyediakan 139.443 formasi, yang terdiri dari 128.656 guru, 10.787 non-guru. Sedangkan 504 pemerintah kabupaten dan kota menyiapkan 513.360 formasi, yang terdiri dari 418.370 guru serta 94.990 formasi non-guru.

Selain pengadaan pegawai negeri sipil (PNS), tenaga pendidik juga direkrut melalui skema pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Total rencana penetapan guru melalui jalur PPPK di daerah sebanyak 547.026 formasi, baik di tingkat pemprov maupun pemkab dan pemkot. Sementara untuk formasi PPPK non-guru yang sudah ditetapkan sebanyak 21.495 formasi di daerah. Sedangkan CPNS di tingkat daerah, sejauh ini ditetapkan 84.282 formasi.

Rencana jadwal pendaftaran seleksi PPPK untuk guru, dilakukan pada Mei hingga Juni 2021. Mereka diberikan kesempatan mengikuti tiga kali seleksi, dalam rentang waktu Agustus hingga Desember 2021.

Berdasarkan data yang diterima Panitia Seleksi CASN 2021, formasi terbanyak di pemerintah provinsi untuk tenaga kesehatan adalah perawat, dokter, asisten apoteker, perekam medis, dan apoteker. Sedangkan kebutuhan jabatan teknis terbanyak di tingkat provinsi adalah pranata komputer, polisi kehutanan, pengawas benih tanaman, pengelola keuangan, serta pengelola pengadaan barang/jasa.

Sementara di tingkat kabupaten/kota, posisi pranata laboratorium kesehatan juga termasuk formasi yang banyak dibuka. Kemudian untuk jabatan teknis terbanyak di daerah tingkat II tersebut adalah penyuluh pertanian, auditor, pengelola pengadaan barang/jasa, pengelola keuangan, dan verifikator keuangan.

Untuk pendaftaran CPNS, guru PPPK, dan PPPK non-guru akan diumumkan pada kesempatan terpisah. Seleksi dilakukan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang dikoordinasikan oleh BKN, sementara untuk guru PPPK akan menggunakan UNBK miliki Kemendikbud.

Menteri Tjahjo kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak percaya kepada seseorang atau kelompok yang menjanjikan kelulusan dari seleksi CASN. “Proses seleksi CASN terbuka dan sistemnya tidak ada peluang untuk KKN. Ikuti website Kementerian PANRB dan BKN untuk informasi terbaru,” tutupnya. (don/HUMAS MENPANRB)

Sumber: Situs resmi menpan.go.id

Pemerintah Akan Buka Pendaftaran CASN Mulai April 2021

Pemerintah memberi kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi abdi negara melalui rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), yang rencananya dimulai bulan April 2021. Sebelumnya, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan menetapkan formasi yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Rekrutmen bagi CASN akan dimulai dengan pembukaan pendaftaran untuk sekolah kedinasan yang rencananya akan dimulai pada bulan April,” jelas Plt. Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Teguh Widjinarko di Kantor Kementerian PANRB, Kamis (18/03). Penerimaan CASN tahun 2021 akan diperuntukkan pegawai negeri sipil (PNS), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), serta sekolah kedinasan.

Rekrutmen CASN akan diawali bagi sekolah kedinasan dibawah delapan instansi kementerian dan lembaga. Kedelapan instansi tersebut adalah Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Setelah itu dilanjutkan pembukaan pendaftaran PPPK guru, PPPK non-guru, dan CPNS yang direncanakan pada bulan Mei atau Juni. “Jika ada informasi terbaru terkait jadwal ataupun proses seleksi CASN, akan kami sampaikan melalui website resmi Kementerian PANRB,” jelasnya.

Sumber: Situs resmi menpan.go.id

Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2021

CATATAN: Satu orang hanya bisa mendaftar di satu sekolah.

Ingin persiapan yang lebih matang untuk tes SKD?

Belajar dimana saja?

Ingin les tatap muka?

Berlangganan Try Out?

Berikut perkiraan daftar formasi CPNS 2021

  1. Untuk Pemerintah Pusat
    Alokasi terbanyak dalam formasi CPNS 2021 untuk pemerintah pusat adalah:
    • Dosen
    • Penjaga tahanan/Sipir
    • Penyuluh keluarga berencana
    • Analis perkara peradilan
    • Pemeriksa
  2. Alokasi untuk Pemerintah Provinsi
    Alokasi terbanyak dalam formasi CPNS 2021 untuk pemerintah provinsi adalah:
    • Pranata komputer
    • Polisi kehutanan
    • Pengawas benih tanaman
    • Guru bimbingan konseling
    • Guru teknologi informasi dan komputer
    • Guru matematika
    • Tenaga kesehatan: Perawat, Dokter, dan Asisten Apoteker
  3. Alokasi untuk Pemerintah Kabupaten dan Kota
    Alokasi terbanyak dalam formasi CPNS 2021 untuk pemerintah kabupaten dan kota adalah:
    • Penyuluh pertanian
    • Auditor
    • Pengelola pengadaan barang/jasa
    • Guru kelas
    • Guru pendidikan jasmani dan kesehatan
    • Guru bimbingan konseling
    • Tenaga kesehatan: Perawat, Bidan, dan Dokter.

Note: Daftar di atas tidak berasal dari sumber resmi, kemungkinan akan sedikit berbeda dari daftar resminya nanti.

 

Sumber: detik.com

More Articles

Roll up

SUDAH SIAP MENGHADAPI TES UNTUK MENJADI ASN?

INFO CASN DAN JADWAL REKRUTMEN 2021

Sumber: Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

PERPRES 38 TAHUN 2020

Sumber: Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia

Roll up

error: Konten dilindungi Hak Cipta Bimbel YEC !!